Sabtu, 26 Januari 2013

Jelaskan prinsip integrity, confidentiality, availability ,Legimate use dalam TI.

jelaskan prinsip integrity adalah Integritas (Integrity), bahwa object tetap orisinil, tidak diragukan keasliannya, tidak dimodifikasi dalam perjalanan nya dari sumber menuju penerimanya.
jelaskan confidentiality adalah Kerahasiaan (confidentiality), dimana object tidak di umbar atau dibocorkan kepada subject yang tidak seharusnya berhak terhadap object tersebut, atau lazim disebut tidak authorize.
jelaskan availability adalah  Ketersediaan (Availability), dimana user yang mempunyai hak akses atau authorized users diberi akses tepat waktu dan tidak terkendala apapun.
Prinsip keamanan ini lazim disebut segitiga CIA (Confidentiality, Integrity, Availability). Dan salah satu goal utama dari pengendalian akses adalah untuk menjaga jangan sampai ada yang tidak authorize mengakses objek-2 seperti jaringan; layanan-2; link komunikasi; komputer atau system infrastruktur jaringan lainnya oleh apa yang kita sebut sebagai ancaman keamanan jaringan.

Dalam perjalanan anda untuk membangun suatu system kemanan jaringan, salah satu prosesnya adalah menilai resiko keamanan dalam organisasi anda. Akan tetapi terlebih dahulu anda perlu juga memahami berbagai jenis ancaman keamanan jaringan

Ava I ilability Confidentiality Integrity Legitimate Use

 Availability (Ketersediaan)
       Berhubungan dengan ketersediaan data dan informasi dalam suatu komputer yang - hanya dapat dimanfaatkan oleh orang yang berhak.
Interruption Merupakan ancaman terhadap availability dimana data dan informasi yang berada dalam sistem komputer dirusak atau dibuang sehingga menjadi tidak ada dan ti - dak berguna. (Contoh : Harddisk dirusak, kabel telekomunikasi dipotong, dll.)

CONFIDENTIALITY  (kerahasiaan)
       Berhubungan dengan akses membaca data dan informasi yang mana hanya bisa diakses dan dibaca oleh orang yang berhak.
                Contoh : Data personalia
                                Data Medis, Dll

INTEGRITY
       Menjamin  konsistensi dan menjamin data tersebut sesuai dengan aslinya, sehingga upaya orang yang berusaha merubah data itu akan ketahuan dan percuma. (mencegah penipuan & kesalahan)
Contoh :
Dari sistem badan milik pemerintah yang sangat mementingkan integritas adalah :
      Sistem pengendali lalulintas udara (air traffic control)
      Sistem  pengendali persenjataan militer
      Sistem pengendali produksi

LEGIMATE USE
       Menjamin kepastian bahwa sumberdaya tidak dapat digunakan oleh orang yang tidak berhak

Tidak ada komentar: